Minggu, 10 April 2011

MAKANAN DAM MINUMAN TRADISIONAL

 Makanan dan minuman tradisional Yogyakarta telah lama ada dan digemari oleh masyarakat dengan resep spesifik yang diwariskan turun temurun .

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

GUDEG.....
gudeg merupaka maknan yang paling dikenal dari Yogyakarta . Cita rasanya yang manis gurih. Godeg berrasal dari bahas belanda gut dag yang berarti cukup bagus atau enak. saking populernya masakan ini, sampai-sampai yogyakarta dijuluki kota gudeg. Gudeg dibuat dari nangka muda yang dikupas, diiris-iris lalu direbus sampai masak, Santan,bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, ketumbar, daun salam, garam dan dicampurkan kedalam nangka tersebut. Dimasak lagi asmpai kering dan berwarna kecoklatan, Warna coklat dapat juga dibuat dengan memasukkan daun jati kedalm maskan. Untuk menghasilkan ras yang khas gunakanlah arang dari batok kelapa untuk pemanasnnya, sehingga panas yang dihasilkan bisa merata dan tahan lama. Dibutuhkan pemanasan 5 sampai 6 jam untuk menghasilkan gudeg yang berkualitas dan tahan lama.

NASI UDUK......
Nasi uduk disebut juga nasi gurih, Biasanya nasi uduk dihidangkan pada upacara kenduri dan dibagi-bagikan dengan wadah dari daun pisang. Nasi uduk dibuat dari beras yang sudah dicuci bersih, dikukus sampai setengah matang, lagi sampai masak. MAyoritas nasi uduk disajikan dengan lauk ingkung ayam.

THIWUL.......
Thiwul, merupkan amakan pokok sebagian kecil penduduk Gunungkidul. Thiwul terbuat dari ketela phon yang di jemur sampai kering, dtumbil sampai halus lalu diberi air dan dibuat bulatan kecil-kecil lalu dikukus sampai masak, biasanya thiwul di hidangkan dengan sayur tempe,,, namun lebih enak dengan ikan asin,,,,

GROWOL,,,
Growol merupakan makan pokok Kulonprogo. Growol terbuat dari ketela pohon yang sudah sudah dikupas, dicuci, terus direndam dalan air selama 2-3 hari. Setelah lunak, lalu diangkat, dicuci bersih dan tiriskan. sesudah air mengering, ia dicincang sampai lumat, baru dikukus hingga masak.Lazimnya, growol dicetak dengan als daun pisang. Growol dimakan dalam bentuk irisan dengan sayur lodeh. Lauknya tempe benguk yang sudah dibacem . Makanan inidapat ditemukan dipasr Sentolo.

NASI JAGUNG,....
Nasi jagung, merupakan makan pokok sebagian kecil penduduk lereng atas gunung Merapi. Jagung yang sudah dikeringkan direndam dalan air yang telah diberi air kapur selama setengah jam. lantas jaung ditiriskan dan ditumbuk sampaii halus. setelah menjadi tepung, jagung dikukus sampai masak. Biasanya hidangan ini disajikan bersam sayur lombok dan ikan asin.

BERAS KENCUR......
Beras Kencur, oleh sebagian masyarakat dianggap sebagia minuman yang selain menyegarkan juga meningkatkan stamina tubuh. Beras kencur terbuat dari beras yang direndam dalam air, ditiriskan kemudina ditumbuksampai halus. Kencur yang sudah dikupas kemudian di tumbuk dan dicampur dengan beras yang telah halus. Selanjutnya diberi air secukupnya terus disaring. minuman ini dihidangkan dengan diberi gula jawa atau gula pasir dan sedikit jeruk nipis. Beras kencur cocok diminum sehabis berolahraga.

WEDANG SECANG.....
Wedang secang, yang berwarna merah mrupakan minuman kesukaan Sri Sultan HB IX minuman ini dapat menjaga kessehatan. badn yang masuk angin , bila minum wedang secang hangat, bisa bugar kembali. Wedang secang terbuat dari serutan kayu secang, 2 lembar daun cengkih yang sudah kering, irisan kulit pohon kayu manis, merica putih, daun serai, cabe rawit, dengan campuran jahe yang sudah dibakar dan dpukulp-pukul sampai gepeng. Semua bahn dimasukan kedalanm kendil tanah liat, terus dipanaskan dengan air sampaimendidih, setelah disaring, wedang secang dihidnagkan dengan gula batu, Dimakan Imogiriramua Wedang secang dijual sebagai oleh-oleh bagi para peziarah,,

DAWET......
Dawet merupakn minuman pelepas dahaga yang cukuop populer di Togyakarta. salah satu unsur daawet adalah cendol. untuk membuat cendol, panaskan tepung beras hingga mendidih dan tuangkan dengan saringan jkedalam baskom ayng berisi air dingin. tepung beras yang jatuh kedalam air dingan akanmengental membentuk cendol. Masukkan kedalam mangkuk, tambahkan santan kelapa dan sirup gula jawa.
Untuk menambah sedap tambahkan daun pandan wangi ketika membuat sirup gula kelapa. Dipasar tradisional masih kita temukan panjual dawet yang menjajakan dagangannya denga memakai tenggok, wadah besar dari anyama bambu.

Makanan dan minuman tradisiopnal ini dibuat dengan bvahn yang tersedia didaerah DIY, Didaerah Gunungkidul da Kulonprogo dapat ditemui makanan berbahan dasar ketela pohon, didaerah Sleman dan bantul banyak di temui makanan berbahn dasar beras dan jagung, Ciri khasmakan dari Yogyakarta terletak pada cita rasanya yang cenderung manis..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar