Rabu, 16 Februari 2011

MANFAAT TANAMAN CIPLUKAN

1. NAMA TANAMAN

Nama ilmiah : Physalis L.
Nama lokal : Morel berry (Inggris), Ciplukan (Indonesia), Ceplukan (Jawa), Cecendet(Sunda), Yor-yoran(Madura), Lapinonat(Seram), Angket, Kepok-Kepokan, Keceplokan(Bali), dedes(Sasak)Leletokan(Minahasa).

2. Deskripsi Tanaman

Physalis angulata L adalah tumbuhan herba annual (tahunan) dengan tinggi 0,1-1 m. Batang pokoknya tidak jelas, percabangan menggarpu, bersegi tajam, berusuk,berongga, bagian yang hijau berambut pendek atau boleh dikatakan gundul. Daunnya tunggal, bertangkai,bagiah bawah tersebar, diatas berpasangan, helai berbentuk bulat-bulat memanjang-lanset dengan ujung runcing, ujung tidak sama ( runcing-tumpul-membulat-meruncing), bertepi rataatau bergelombang-bergigi, 5-15 x 2,5-10,5 cm.Bungan tunggal, Di atau keriak daun,simetri banyak, tangkai bunga tegak dengan ujung yang mengangguk, langsing, lembanyung,8-23 mm,kemidian tumbauh sampai 3 cm. Kelopak berbentuk genta, 5 cuping runcing, berbagi,hijau dengan rusuk yang lembanyung. Mahkota berbantuk lonceng besar, tinggi 6-10 mm, kuning terang dengan noda-noda coklat atau kuning coklat, dibawah tiap noda terdapat kelompokan rambuit-rambut pendek yang berbentuk V. Tangkai benang sarinya kuning pucat, kapala sari seluruhnya berwarna biru muda. Putik gundul,kepala putik berbantuk tombol, bakal buah 2 daun buah, banyak bakal biji. Buah ciplukan berbentuk telur, panjang sampai 14 mm, hijau sampai  kuning jika masak, berurat lembayung, memiliki kelopak buah.

3. PENGGUANAAN DI MASYARAKAT

Akar tumbuhan ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk menyembuhkan patah tulang, Busnu air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah ciplukan sendiri sering dimakan untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

4. BEBERAPA MANFAAT CIPLUKAN

  • Diabetes Mellitus Bahan: Tumbuhan ciplukan yang sudah berbuahdicabut beserta akarnya dan bersihkan. Cara membat :Dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidihhingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan di minum 1x sehari.
  • sakit paru-paru. bahan:tumbuhan ciplikan lengkap (akar,batang, daun, bunga dan buahnya). cara membuat: direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring, cara menggunakan: diminum 3x sehari i galas.
  • Ayan, Bahan: 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak. cara menggunakan: dimakan setiap hari secara rutin.
  • Borok, Bahannya: 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. Cara membuat: ditumbuk sampai halus. cara menggunakan: tempelkan pada bagian yang sakit.

1 komentar:

  1. wah......enk i ciplukan kie....... au we ark og...
    tp jgn trllu bnyk...........
    krna lbh bgus bwt pampmngan ja....,,,,,,,,,,,
    lha au we r dunkkkk tanamn op ui... hehehhehe

    BalasHapus