Selasa, 19 Oktober 2010

5 KELEBIHAN RUMPUT LAUT

Ada rumput liar, ada rumpu gajah, rumput hijau dan ada juga rumput laut. Hmmmmm....... yang mana yang paling berguna buat kesehatan????? udah pasti rumput laut dong. yuuppp????? Indonesia dikenal sebagai negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam. Terutama laut, karena wilayah lautnya lebih luas dari pada daratan.

Selain ikan dan binatang laut lainnya, alternatif hasil laut yang diolah adalah rumput laut. Tanaman ini termasuk dalam anggota alga (memiliki zat hijau daun). rumput laut hidup diperaiaran dangkal dan menempel pada karang mati. FYI, tanaman yang bentuknya kaya akar tanaman ini dibagi kedalam 4 kelas dasar yaitu alga merah (Rhodophyceae), alga coklat (Phaeophyceae), alga hijau (Chlorophyceae) dan alga biru hijau (Cyanophyceae).

Rumput laut juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, misalnya pengolahan tekstil, pabrik farmasi, semir sepatu, pabrik cat,dll. Dapat juga sebagai bahan dasar pupuk tanaman,campuran makanan ternak, dan bahan baku kosmetik.

INFO-INFO MENARIK SEPUTAR RUMPUT LAUT:
  1. JADI BAHAN MAKANANAN
 Rumput laut bisa digunakan sebagai bahan makanan pembuatan makanan dan susu.Misalnya es krim, yoghurt, waperkrim, coklat susu, pudding instant, pembuatan minuman, roti, permen,dll.Tanaman ini , juga kaya sama nitrisi, seperti enzim,asam nukleat, asam amino, mineral, vitamin A,B,C,D,E dan K ,,! karena kandungan gizinya yang tertinggi rumput laut bisa meningkatkan sistem kerja hormonal dan juga saraf juga dapat meningkatkan fungsi pertahanan tubuh,memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah, plus sistem pencernan.
Dinegara Jepang dan Korea rumput laut merupakan makanan mutlak dalam keluarga. Dijepang rumput laut dinentuk menjadi lembaran kering yang disebut Nori. kalau kamu suka makanan Jepang seperti onogiri ( nasi yang dikepal berbentuk  bulat, kotak atau segitiga) nah...... lembar yang membungkus onigiri adalah Nori.

 2 GAK BIKIN GEMUK

Sebagai bahan makanan, jumlah kalori rumput laut sangat rendah tetapi kandungan seratnya juga tinggi, nyaris nggak ada resikonya buat kita-kita yang pengen diet. Malahan banyak makana rumput laut bisa membantu metabolisme lemak sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah.
Semua rumput laut kaya akan kandungan serat yang bisa mencegah kanker usus besar seratnya bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan kadar air.

3 SEBAGAI OBAT-OBATAN
Rumput laut juga dikenal sebagai obat tradisional untuk penderita batuk, asma, bronkitis, TBC, cacingan., sakit perut, demama, rematik,dll. Kandungan yodiumnya bagus untuk mencugah penyakit gondok. Masih ada lagi tanama hasil laut ini juga membantu pengobatan lambung, radang usus besar, susah buang air besar, dan gangguan pencernaaan lain.
Dinegeri Ginseng,Cina tanama ini biasanya dipakai buat obat kanker. khususunya kanker payudara, karena kandungan C dan antidioksidanya yang mampu melawan radikal bebas tersebut.

 4 BISA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

 Penelitian dari Inggris menyatakan kalau rumput laut bisa membunuhsel kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa??? karena protein alga yang terkandung dalam rumput laut punya kamampuan untukmelwan tumor dan menurunkan tekanan darah.
Kandungan yang dimiliki oleh rumput laut, penuh dengan multi vitamin B kompleks. Khususnya dalam ganggang merah.Cukup banyak mengandung vitamin Adan E mengandunf sekitar 15% mineral. diantaranya terdapat kalium kalcium magnecium fosfor seng, dsb.
Mineral ini bisa membantu tubuh kita menjaga keimbangan keasaman organisme bermanfaat bag perkembangan, pertumbuhan diusia prodiktif ( ABG dan remaja) dan bisa memperlambat ketuaan dini.

5 BAGUS BUAT KESEHATAN KULIT

Sebagai bahan-bahan yang bisa menjaga sel jaringan tubuh tetap pada. Hasilnya bisa biin tubuh fres termasuk kulit. Biasanya rumput laut biasanya dikemas dalam berbagai kosmetik mulai dari sabun, lulur mandi, krim pelembab, bisa buat kulit halus bersih, kencang, kinclong.

kalau buat teman yang mals makan rumput laut dalam bentuk asli bisa dengan membeli makana jelly yang mengandung rumput laut juga sudah di kemas dalam bentuk sampo, pasta gigi.( deezak berbagai sumber)



sumber: TABLOIT GAUL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar